Jumat, 10 April 2009

buat cece ku tercinta

Instrumen Keuangan


Munculnya perbankan Islam (atau perbankan Syariah) dalam dekade belakangan ini adalah dari kaum Muslim terhadap produk dan jasa yang memenuhi prinsip Syariah (hukum Islam).

HSBC Amanah memiliki berbagai instrumen keuangan berbasis Islam dalam mengembangkan produk-produknya. Terkadang instrumen yang sama dapat digunakan dalam berbagai macam produk dengan setiap produk memenuhi kebutuhan dari beragam tipe nasabah yang berbeda. Bagian ini menjelaskan tiga instrumen keuangan Islam yang paling umum serta menggambarkan kegunaannya masing-masing pada produk yang ditawarkan oleh HSBC Amanah. Setiap instrumen diterangkan dengan definisi, uraian singkat dari proses transaksi dan ilustrasinya pada produk HSBC Amanah yang terkait.

Mudarabah

Transaksi Mudarabah merupakan kemitraan dalam berinvestasi. Pada perjanjian Mudarabah, kontrak dibuat antara investor (atau pemilik modal) dengan pengusaha atau manajer investasi yang disebut sebagai mudarib.
Lebih Lanjut

Murabahah

Transaksi Murabahah adalah penjualan dengan keuntungan yang ditetapkan di muka. Dalam transaksi Murabahah, bank membeli suatu barang dari pihak ketiga dan menjualnya kepada klien dengan keuntungan yang ditetapkan di awal dan pembayarannya dilakukan secara bertahap.
Lebih Lanjut

Ijarah

Ijarah adalah bentuk sewa-menyewa dalam Islam. Bank membeli sebuah asset kemudian menyewakannya kepada klien dengan pembayaran tetap setiap bulan.
Lebih Lanjut

Tidak ada komentar: